Wakil Ketua DK OJK: Banyak Hal yang Saya Pelajari di SMA Pangudi Luhur


"Banyak hal yang saya pelajari waktu di PL. Satu, percaya diri. Di sekolah cowok semua, teman-temannya lucu-lucu, tapi bandel-bandel juga terus ganggu-ganggu kita. Saya rasa itu memupuk persahabatan, kebanggan pada sekolah, dan percaya diri."


Demikian cerita Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027, Mirza Adityaswara, saat berbagi pengalaman sekolah di SMA Pangudi Luhur (PL), Jakarta. Mirza merupakan alumni SMA PL angkatan 1984.


Ia menyampaikan, berbagai pengalamannya selama menimba ilmu di SMA PL sangat bermanfaat bagi perjalanan kariernya.


Menurutnya, SMA PL mengajarkannya untuk memiliki tujuan hidup, jaringan, serta rasa percaya diri.


"Penting untuk kita mau berkarier baik sebagai pengusaha atau bekerja di sektor swasta dan pemerintah. Mempunyai tujuan hidup, percaya diri, networking, itu penting sekali," kata Mirza.


Ia menyampaikan, modal rasa percaya diri yang diperoleh ketika sekolah di SMA PL ikut andil dalam membantu dirinya melewati segala proses dalam kariernya.


Lebih lanjut, Mirza menyampaikan, ketertarikannya pada sektor keuangan sudah muncul sejak dirinya sekolah di SMA PL. Menurutnya, ketertarikan itu lahir karena melihat ayahnya yang bekerja di sektor perbankan.


Mirza kemudian memulai langkah mewujudkan mimpi itu dengan mempelajari ekonomi moneter.


Menurutnya, perjalanan kariernya hingga mendapatkan kepercayaan menduduki jabatan Wakil Ketua DK OJK melalui proses yang panjang.


Ia pun mengaku memilih berkarier di dunia usaha hingga perbankan lebih dahulu agar bisa mengetahui hal-hal yang bisa dikembangkan setelah masuk ke dalam pemerintahan.


"Saya bercita-cita kerja di pemerintahan tapi tidak langsung masuk, ingin dulu kenal sektor dunia usaha, perbankan, capital market agar setelah masuk pemerintahan tahu yang mau dikembangkan seperti apa," katanya.


"Saya selama ini di sektor swasta sampai 2010 di korporasi, di bank, saya pindah-pindah di beberapa tempat. Baru 2010 masuk pemerintahan di LPS, lalu 2013 di Bank Indonesia jadi Deputi Gubernur Senior. Sempat juga mewakili Bank Indonesia di OJK 2015-2019 sebagai komisioner ex officio. Sekarang terpilih Wakil Ketua DK OJK," sambungnya.


Mirza resmi dilantik menjadi Wakil Ketua DK OJK pada hari ini, Rabu (20/7). Ia dilantik bersama sejumlah sosok lainnya yaitu Mahendra Siregar sebagai Ketua DK OJK; Dian Ediana Rae sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan; Inarno Djajadi sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal; Ogi Prastomiyono sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya; Sophia Issabella Wattimena sebagai Ketua Dewan Audit; Friderica Widyasari Dewi sebagai Anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen.