top of page

Sekolah PL Lakukan Ini untuk Dukung Esports Indonesia



Esports lagi jadi olahraga yang digandrungi anak muda Indonesia saat ini. Maka berbagai cara dilakukan demi mendukung kemajuannya, seperti yang dilakukan sekolah ini.


Adalah SMA Pangudi Luhur yang mengklaim jadi sekolah pertama di Jakarta yang punya ekstrakulikuler (ekskul) Esports. Ekskul ini hasil kerjasama PL dengan Esports Academy ID (EAID).


EAID merupakan wadah resmi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk mengembangkan anak sekolah untuk berkegiatan, belajar, dan berkompetisi di bidang Esports.


"SMA PL jadi sekolah di Jakarta yang pertama ada ekskul sport PUBGM dan Mobile Legends, " ujar CEO dan Founder EAID Arza Djatmika usai MoU dengan SMA PL, Jumat (22/7/2022).


Arza berharap para siswa SMA PL bukan saja jago bermain tapi mengembangkan karakter menjadi pemimpin. Menurut Arza permainan seperti Mobile Legend dan PUBGM melatih para siswa untuk mengasah kepemimpinan dan tanggung jawab.

Advertisement


Sebagai sekolah pertama di Jakarta yang punya ekskul PUBGM dan Mobile Legends, Arza menilai ini kesempatan siswa SMA PL berkiprah di ajang nasional dan tentunya internasional.


"Patokannya siswa bisa belajar leadership dari apa yang diberikan gamenya," sambung Arza dalam rilis kepada detikSport.


"Semoga SMA PL bisa membuat sejarah baru untuk dunia Esports."


Sementara itu Kepala Sekolah SMA PL Agustinus Mulyono mengatakan kehadiran ekskul Esport bisa menjadi wadah positif bagi para siswa. Mulyono juga berharap minat dan bakat siswa bisa tersalurkan dalam Esports untuk mengejar prestasi.


Mulyono ingin ekskul Esports jadi sarana untuk belajar bergotong royong, berkolaborasi dan bekerja sama dalam tim, seperti semangat 'Brotherhood' yang selalu dikumandangkan oleh PL.


"Sehingga bisa muncul atlet-atlet Esports baru yang berasal dari SMA Pangudi Luhur Brawijaya. Semoga program ekstrakurikuler Esports bisa memberikan manfaat yang lebih besar untuk ke depannya," papar Mulyono.


Pengajar ekskul Esports di SMA PL nantinya adalah pemain profesional di antaranya Cahya Igustie Ragil alias Exagon dan Frederic alias Mirko.


Industri game saat ini bukan hanya permainan melainkan sudah menjadi industri besar dengan banyaknya peluang karier di sana. Tak cuma pemain pro, tapi juga komentator (caster), tim broadcaster, dan lainnya.


"Semoga dengan terjalin kerjasama antara SMA Pangudi Luhur dengan pihak Esports Academy ID dapat menciptakan atlet-atlet Esports yang dapat membanggakan Sekolah dan Negeri Indonesia pada masa yang akan datang," papar Cahya.


Keterangan foto: Ki-Ka Ketua Yayasan Pangudi Luhur Cabang Jakarta Agustinus Mujiya, Kepala Sekolah SMA PL Agustinus Mulyo, CEO EAID Arza Djatmika, Ketua IKA PL Stephen Igor Warokka.


Baca artikel detiksport, "Sekolah PL Lakukan Ini untuk Dukung Esports Indonesia" selengkapnya https://sport.detik.com/sport-lain/d-6195503/sekolah-pl-lakukan-ini-untuk-dukung-esports-indonesia.


Post: Blog2_Post
bottom of page