Kala Coach Ocky Tamtelahitu Jadi 'Penasehat' Tim Basket SMA



Anda ingat Ocky Tamtelahitu yang tenar namanya sebagai pelatih klub Indonesia Basketball League (IBL)? Saat ini Ocky rupanya punya kesibukan baru sebagai "pelatih" tim SMA.


Ocky terakhir melatih Pelita Jaya pada IBL 2021 saat dikalahkan Satria Muda pada laga final. Setahun berlalu, Ocky tentunya masih sibuk di dunia basket, namun bukan lagi sebagai pelatih klub IBL


Ocky yang punya Tamtelahitu Basket Academy (TBA) rupanya menjalin kerjasama dengan SMA Pangudi Luhur untuk membantu perkembangan basket di sekolah tersebut.


Dia pun ditunjuk sebagai supervisor pelatih pada kegiatan ekstrakurikuler baket di sekolah tersebut. Kerjasama Ocky dan SMA PL lantas berlanjut lagi untuk tahun ajaran 2022/2023 yang di tahun sebelumnya sempat terhambat pandemi COVID-19.


Mendapat perpanjangan kontrak, Ocky punya target khusus untuk siswa SMA PL ke depannya, yakni menjadikan mereka sebagai sekolah dengan tim basket terbaik di tingkat nasional.


"Kita memperpanjang kerjasama dan mau berbuat itu menjadi lebih baik lagi segala usaha kita antara SMA PL dan Tamtelahitu Basket Academy," papar Ocky dalam acara penandatanganan MOU dengan SMA PL, Sabtu (23/7/2022).


"Kalau Tuhan berkenan ada talenta-talenta baru yang tumbuh masuk dan berkembang dengan sekolah ini. Tentunya kita akan menjadi yang terbaik di Jakarta dulu, lalu yang terbaik di Nasional," sambungnya dalam rilis kepada detikSport.


Terkait strategi, Ocky menyebut bakal ada beberapa metode latihan yang akan dipakainya. Tapi, yang terpenting untuk mantan pelatih Satria Muda itu adalah membentuk kedisplinan di lapangan.


"Setiap acara latihan bola basket adalah pembentukan karakternya dulu. Jadi nanti, orang bisa saja itu menjadi pemain karena dia punya bakat, suatu hari dia nanti jadi pemain profesional," papar Ocky.


Pada kesempatan tersebut Sekretaris Umum PERBASI DKI Jakarta Arief Satria Kurniagung, juga turut hadir memberikan dukungan terhadap pelatihan yang diberikan TBA kepada SMA PL. Menurut Arief, Perbasi akan mempersiapkan modul pembinaan khusus tidak hanya sekolah, tetapi juga non akademisi.


"Kita coba kejar ada standar modul pembinaan dari induk organisasi yaitu dari Perbasi, dengan adanya standar modul itu diharapkan bisa menjadi satu SOP yang cukup baik bisa diterapkan ke tiap level dari kelompok umur," Kata Arief.


Terakhir Arief berharap para atlet basket SMA PL bisa naik kelas sampai tingkat nasional dengan kehadiran Ocky.


"Yang saya harapkan sebenarnya dari TBA coach Oki dengan dilatih dan dibina mudah-mudahan tim basket PL bisa berlaga di liga-liga di tingkat daerah, provinsi atau DBL. Itu sih harapannya," tutup Arief.


Baca artikel detiksport, "Kala Coach Ocky Tamtelahitu Jadi 'Penasehat' Tim Basket SMA" selengkapnya https://sport.detik.com/basket/d-6195517/kala-coach-ocky-tamtelahitu-jadi-penasehat-tim-basket-sma.